Fanny Suandari

Rabu, 23 Juni 2010

gizi seimbang pada dewasa

www.fannyvoice.blogspot.com
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Makalah yang berjudul konsep dasar gizi seimbang pada Dewasa ini sengaja dibuat untuk menambah pengetahuan pembaca tentang konsep dasar untuk memenuhi gizi yang seimbang bagi orang dewasa.penting nya asupan gizi bagi orang dewasa di karenakan mereka yang mempunyai factor banyak aktifitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk penyeimbang energy yang di keluar kan butuh asupan gizi yang seimbang.juga hal ini dilakukan untuk menghindari tubuh yang kekurangan nutrisi sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan nya.pada dasar nya semua mahluk hidup butuh asupan nutrisi yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk mempertahan kan hidup
1.2 Rumusan masalah
1. Menjelaskan bagaimana gambaran umum (perkembangan) dalam nutrisi seimbang dewasa?
2. Menjelaskan Masalah gizi yang mungkin timbul pada orang dewasa?
3. Menjelaskan Kebutuhan nutrisi apa yang dibutuhkan oleh orang dewasa?
4. Menjelaskan Nutrisi spesifik apa sajakah yang perlu diberikan oleh orang dewasa dan bagaimana fungsinya?
5. Menjelaskan contoh menu seimbang bagi orang dewasa?
1.2.1 Tujuan umum
Untuk mengetahui nutrisi seimbang yang diperlukan bagi orang dewasa .
1.2.2 Tujuan khusus
1. Untuk mengetahui gambaran umum perkembangan nutrisi seimbang bagi orang dewasa
2. Untuk mengetahui masalah gizi yang mungkin timbul pada orang dewasa .
3. Untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh orang dewasa .
4. Untuk mengetahui pemberian nutrisi spesifik yang perlu diberikan oleh orang dewasa beserta fungsinya .
5. Untuk contoh menu seimbang dalam sehari .
1.3 Manfaat
1. Bagi mahasiswa
Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai nutrisi seimbang yang diperlukan bagi orang dewasa.
2. Bagi instansi
Menambah literature yang berguna dalam peningkatan proses belajar mengajar serta meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan .
3. Bagi tenaga medis
Menambah kepekaan dalam pemberian informasi yang diperlukan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan terutama mengenai nutrisi yang seimbang .
4. Bagi masyarakat
Menambah pengetahuan masyarakat mengenai kebutuhan nutrisi yang harus dicukupi untuk kesehatannya, khususnya pada orang dewasa dan generasi berikutnya .
BAB II
PEMBAHASAN


2.1 gambaran umum gizi seimbang untuk dewasa
2.1.1 perkembangan
Penyelidikan membuktikan bahwa apabila manusia sudah mencapai usia lebih dari 20 tahun, maka pertumbuhan tubuhnya sama sekali sudah terhenti. Ini berarti, makanan tidak lagi berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, tetapi untuk mempertahankan keadaan gizi yang sudah didapat atau membuat gizinya menjadi lebih baik. Dengan demikian, kebutuhan akan unsure-unsur gizi dalam masa dewasa sudah agak konstan, kecuali jika terjadi kelainan-kelainan pada tubuhnya, seperti sakit dan sebagainya. Sehingga mengharuskandia mendapatkan kebutuhan zat gizi yang lebih dari biasanya.
2.1.2 Faktor Yang Mempengaruhi Gizi Dewasa
• kemampuan untuk membeli makanan atau pengetahuan tentang zat gizi
• pekerjaan
2.1.3 Kebutuhan Gizi Seimbang
Kecukupan gizi merupakan kesesuaian baik dalam hal kualitas maupun kuantitas zat-zat gizi sesuai dengan kebutuhan faal tubuh.
2.2 Masalah Gizi yang mungkin timbul pada Dewasa.
Malnutrisi
DEFINISI Malnutrisi dapat terjadi oleh karena kekurangan gizi (undernutrisi) maupun karena kelebihan gizi (overnutrisi). Keduanya disebabkan oleh ketidakseimbangan antara kebutuhan tubuh dan asupan zat gizi esensial.
Perkembangan malnutrisi melalui 4 tahapan:
1. Perubahan kadar zat gizi dalam darah dan jaringan
2. Perubahan kadar enzim
3. Kelainan fungsi pada organ dan jaringan tubuh
4. Timbulnya gejala-gejala penyakit dan kematian.
Berbagai sistem tubuh bisa dipengaruhi oleh kelainan gizi :
• Sistem pembuluh darah jantung bisa dipengaruhi oleh :
1. beri-beri
2. kegemukan (obesitas)
3. makanan tinggi lemak menyebabkan hiperkolesterolemi dan penyakit jantung koroner
4. makanan kaya garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi
5. marasmus, merupakan akibat dari kelaparan yang hampir menyeluruh.
Seorang anak yang mengalami marasmus, mendapatkan sangat sedikit makanan, sering disebabkan karena ibu tidak dapat memberikan ASI.
Badannya sangat kurus akibat hilangnya otot dan lemak tubuh.
Hampir selalu disertai terjadinya infeksi.
2.3 Kebutuhan Nutrisi
Berikut ini adalah nilai kecukupan energi dan kecukupan protein seseorang perhari rata-rata ketika dalam aktivitas sedang. Jika sering melakukan aktivitas berat seperti olahraga berat, kuli bangunan, menggarap sawah, pekerja lapangan, dan lain sebagainya perlu ditambahkan asupan energi dan protein yang cukup.
• energi
1. Kelompok Usia 19 s/d 29 Tahun
Jenis Kelamin Laki-Laki / Pria :
- Kecukupan Energi : 2550 kkal
Jenis Kelamin Perempuan / Wanita :
- Kecukupan Energi : 1900 kkal
2. 10. Kelompok Usia 30 s/d 49 Tahun
Jenis Kelamin Laki-Laki / Pria :
- Kecukupan Energi : 2350 kkal
Jenis Kelamin Perempuan / Wanita :
- Kecukupan Energi : 1800 kkal
• Karbohidrat
mempunyai manfaat lain diantaranya untuk:
1. Menjaga kesehatan tubuh
2. Mempercepat waktu pemulihan (recovery) tubuh
3. Kondisi tubuh yang lebih prima dalam menghadapi aktifias
4. Performa serta kapasitas ketahanan tubuh (endurance) yang baik
Selain untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, konsumsi nutrisi yang baik
memenuhi total kebutuhan energi (kalori) melalui konsumsi makro nutrisi dengan proporsi sbb:
1. 60-70%, melalui konsumsi karbohidrat,
2. Karbohidrat : 5-7 gram per kg berat badan
• Protein
Bahan makanan sebagai submer protein kualitas tiggi adalah ikan dan seafood , unggas , daging sapi ,daging domba , daging babi, hati , dan telur. Sumber lain adalah semua jenis kacang-kacangan daran serealia .susu dan produk olahan nya seperti keju dan yogurt yang juga kaya protein.

• Lemak
Dapat ditemukan baik pada hewan maupun tumbuhan dalam bentuk organic yang disebut lipid. Lipid penting bagi penyimpanan energi yang tinggi, meningkatkan kalori karbohidrat dan menyediakan bantalan serta penyekatan. Lemak mengandung asam lemak bebas bisa jenuh atau tidak jenuh, tergantung dari stuktur kimianya. Lemak jenuh lebih padat dari pada yang tidak jenuh.
Lemak jenuh contohnya: kolesterol. Dibuat di hati dan diperlukan dalam produksi garam empedu dan hormone-hormon, namun tubuh membutuhkannya hanya dlam jumlah sedikit. Makanan yang berlemak jenuh tinggi antara lain: daging merah, hasil peternakan yang berlemak serta telur dan juga banyak ditemukan dalam makanan olahan/kalengan. Harus diimbangi dengan makanan berserat karena serat mengikat kolesterol dan menyingkirkannya dari darah.
Lemak tidak jenuh terbagi menjadi : Majemuk (Polyunsaturated) dan Tunggal (Monounsaturated). Inilah lemak yang dapat membantu meningkatkan kesehatan. Bentuk majemuknya termasuk grup ‘asam lemak essensial’ yang hanya dapat diperoleh dari makanan seperti minyak ikan dan minyak sayur,
• Vitamin
Vitamin & mineral berfungsi untuk membuat tubuh bekerja dengan baik. Sebenarnya vitamin & mineral sudah terdapat di dalam bahan makanan sehari-hari. Tetapi terkadang karena gaya hidup, diet, ataupun hal lain yang menyebabkan kita tidak seimbang dalam mengkonsumsi makanan membuat kebutuhan vitamin & mineral yang dibutuhkan tubuh menjadi tidak terpenuhi.
Jenis Vitamin
Nama Vitamin A
Fungsi Mencegah masalah kesehatan mata, meningkatkan sistem imun, juga berperan penting dalam pertumbuhan & perkembangan sel serta menjaga kesehatan kulit.
Sumber Banyak terdapat di sayuran & buah yang berwarna oranye seperti wortel, ubi, labu, apricot, peach, jeruk, pepaya & mangga. Terdapat juga didalam susu, telur & hati. Untuk makanan biasanya terdapat dalam makanan yang sudah difortifikasi (ditambahkan nilai gizinya)

Nama Vitamin C
Fungsi Dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, yaitu jaringan tissue yang menahan sel. Juga penting untuk pertumbuhan tulang, gigi & gusi serta pembuluh darah. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi & kalsium, membantu dalam proses penyembuhan luka & meningkatkan fungsi otak.
Sumber Vitamin C dalam jumlah banyak dapat ditemukan di buah berry, kiwi, tomat, paprika hijau, brokoli, bayam, serta dalam jus buah jambu biji, anggur & jeruk.

Nama Vitamin D
Fungsi Diperlukan untuk memperkuat tulang karena vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.
Sumber Vitamin D merupakan vitamin yang unik karena dapat diproduksi sendiri oleh tubuh saat terkena sinar matahari. Sumber lain yang terdapat vitamin D adalah kuning telur, minyak ikan & susu yang sudah difortifikasi.

Nama Vitamin E
Fungsi Vitamin E merupakan anti oksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Vitamin E juga penting untuk kesehatan sel darah merah.
Sumber Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, alpukat & gandum.

Nama Vitamin B1 (biasa disebut juga dengan thiamin)
Fungsi Vitamin B1 dibutuhkan tubuh untuk merubah karbohidrat menjadi energy, diperlukan juga oleh jantung, otot & sistem syaraf supaya dapat berfungsi dengan baik.
Sumber Sumber vitamin B1 terdiri dari daging, ikan, kacang-kacangan, makanan yang terbuat dari kedelai & gandum. Vitamin B1 juga dapat ditemukan dalam makanan yang sudah di fortifikasi seperti roti, pasta & cereal.

Nama Vitamin B2 (biasa disebut juga dengan riboflavin)
Fungsi Sama seperti vitamin B1, maka vitamin B2 juga berfungsi untuk merubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu vitamin B2 juga bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah & kesehatan mata.
Sumber Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin B2 adalah daging, telur, kacang polong & lentils, kacang-kacangan, produk olahan susu, sayuran berdaun hijau, brokoli, asparagus. Sumber lainnya adalah makanan yang sudah difortifikasi.

Nama Vitamin B3 (niacin)
Fungsi Membantu mengubah makanan menjadi energiy, menjaga kesehatan kulit & fungsi syaraf.
Sumber Terdapat dalam daging merah, unggas, ikan, kacang serta makanan yang sudah difortifikasi.

Nama Vitamin B6
Fungsi Berperan untuk menjalankan fungsi normal otak & syaraf. Bermanfaat juga untuk memecah protein & pembuatan sel darah merah.
Sumber Banyak terdapat pada kentang, pisang, buncis, kacang-kacangan & biji-bijian, daging merah, ikan, telur, bayam & makanan yang sudah difortifikasi.

Nama vitamin B9 (biasa disebut dengan asam folat)
Fungsi Membantu proses pembentukan sel darah merah & DNA.
Sumber Sayuran kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, asparagus, berbagai macam jenis jeruk & unggas. Sumber lain adalah makanan yang sudah difortifikasi seperti roti, mie & cereal.

Nama Vitamin B12
Fungsi Berperan dalam proses pembentukan sel darah merah & menjaga fungsi syaraf.
Sumber Terdapat pada ikan, daging merah, unggas, susu, keju & telur. Terdapat juga dalam makanan yang sudah difortifika.


Mineral
Kebutuhan vitamin dan mineral pada saat ini juga meningkat. Golongan vitamin B yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) maupun niasin diperlukan dalam metabolisme energi. Zat gizi yang berperan dalam metabolisme asam nukleat yaitu asam folat dan vitamin B12. Vitamin D diperlukan dalam pertumbuhan kerangka tubuh/ tulang. Selain itu, agar sel dan jaringan baru terpelihara dengan baik, maka kebutuhan vitamin A, C dan E juga diperlukan.


2.4 Nutrisi spesifik yang perlu diberikan dan fungsinya
Kalsium berfunsi sebagai berikut
• Sebagai pembantu reproduksi.akibat cukupnya ion kalsium pada sperma dan pada indung telur
• Energi,menggerakkan otak,otot(menggerakkan tangan dan kaki)
• Memperbuat antibody dalam tubuh untuk menengkap antigen(kunman,bakteri,dan virus)
Kebutuhan kalsium setiap hari adalah 1000 mg/hari kalsium
kekurangan kalsium dapat memicu berbagai penyakit kalsium banyak dibutuhkan setiap harinya karena terbuang pada saat haid,jika di dalam darah kekurangan darah 1% maka darah akan mengental ,maka otak memerintahkan mengambil kalsium dari tulang untuk darah sehingga darah tetap stabil.proses ini berlangsung bertahun-tahun akibatnya terjadi osteoporosis pada tulang
tulang juga membutuhkan kalsium yang diambil terus oleh darah untuk menjaga kestabilan 99% padahal darahkita sudah penuh olah kolesterol akibat pola makan yang kurang bagus,kalsiun yang berasal dari darah telah terkontaminasi dan tidak diterima oleh tulang,hanya menempel dipersendian akibatnya timbul penyakit yang disebut perkapuran,asam urat dan apabila mengeras akan timbul rematik
2.5 Contoh Menu Sehari untuk Dewasa
Seorang pelajar wanita yang berumur 25 tahun dengan tinggi badan= 155, berat badan=45, maka menu makanannya adlah sebagai berikut:
- AMB (menurut Harris Benedict) = 655+(9,6x45)+(1,8x155)-(4,7x25)
=1248.5
- AF=1747.9
- IF=0

MENU PAGI  NASI goreng (175 Gram) + minyak ( 5 gram )
Tempe ( 50 Gram ) + ( 2 gram minyak )
Ayam goreng ( 50 Gram ) + ( 3 gram minyak )
Pecel ( 100 gram )
Apel ( 200 gram )
Air putih
Total  575 kkal
Snack pagi  pastel basah ( 165 gram )
MENU SIANG NASI kuning ( 150 Gram )
Tempe ( 50 Gram ) + 2 gram minyak
Rendang sapi ( 25 gram ) + 5 gram minyak
Tumis sawi putih ( 100gram ) + 3 gram minyak
Jeruk ( 100 gram )
Jus ( 10 gram gula )
Snack siang  keripik kentang ( 165 gram )
Total  435 kkal
MENU MAKAN MALAM  Nasi putih ( 75 Gram )
Tempe ( 50 Gram ) + 2 gram
Ayam kecap ( 25 Gram ) + 2 gram minyak
Cap jay ( 100 gram ) + 1 gram minyak
Melon ( 100 gram )
Tea ( 10 gram gula )
Total  360 kkal
Total keseluruhan (menu makanan sehari )  1700 kkal
BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
dari pembahasan tentang konsep dasar gizi untuk orang dewasa dapat disimpulkan bahwa manusia dewasa membutuh kan banyak sekali asupan gizi yang seimbang. Jika tersebut dapat terpenuhi makan akan membantu orang tersebut dalam menjalan kan hidup sehat dan terjauh kan dari penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi dan kelebihan gizi.
3.2 kritik dan saran
Kami merasa peda makalah kami banyak kekurangan , karena kurangnya referensi dan pengetahuan pasa saat pembuatan makalah ini, kami sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun pada pembaca agar kami dapat membuat makalah yang lebih baik lagi.
Demikian makalah ini kamu buat untuk menambah pengetahuan dan informasi yang benar guna mendapat kan apresiasi yang isa digunakan untuk perbaikan demi kepentingan bersama,sekian dan terima kasih.

Daftar pustaka
... 2010 . diakses dari www.google.com / perubahan anatomi dan fisiologis pada ibu hamil . indonesia
... 2010 . diakses dari www.wikipedia.com perubahan anatomi dan fisiologis pada ibu hamil . indonesia

2.4

1 komentar:

Big Bobo mengatakan...

Terima kasih , Informasinya sangat bermanfaat.
Ijin kan sedikit share untuk hidup lebih berkualitas, nikmati pula
VEMMA Nutrisi Cair Sari Kulit manggis Kualitas Terbaik yg terbukti sebagai antiOksidant terkuat dan ANTI KANKER
http://blog-vemma-indonesia.blogspot.com/